290108 – Mengubah Kondisi Batin

Master bercerita tentang kehidupan relawan Lin yang awalnya banyak kekurangan tetapi sekarang sudah dapat memperbaiki dirinya sendiri bahkan menyelamatkan kehidupan keluarganya. Istrinya pernah memutuskan untuk menceraikan suaminya yang mempunyai kebiasaan merokok, minum minuman keras dan makan pinang. Mereka seringkali terlibat percekcokan di saat kondisi suaminya sedang tidak bagus yang bahkan sampai ke pemukulan terhadap istri dan anak. Tetapi teringat akan anak-anaknya yang masih kecil, sang istri menguatkan hati dan membantu relawan Lin untuk berubah dan memperbaiki diri. Usaha untuk menolong pernikahannya yang dulu ditentang oleh orangtua akhirnya berhasil. Salah satu motivasi relawan Lin untuk merubah dirinya adalah master Cheng Yen, beliau merasa malu ketika dirinya yang sudah berulang kali bertekat untuk berubah tetapi terjerumus kembali sampai akhirnya menjadi relawan Tzu Chi. Beliau bahkan menutup usaha pergadaiannya supaya bisa sepenuh hati dan waktu untuk mengikuti langkah Master Cheng Yen di Tzu Chi.

Berikut kutipan perkataan relawan Lin, “Baik pada orang lain, belum tentu pada keluarga. Terhadap keluarga sendiri, karena terlalu dekat, jadi tidak menghargai. Saya bilang pada istri saya, cara saya berbicara padamu sepertinya harus diubah. Dulu saya punya sebuah kebiasaan, maksudnya kebiasaan saya dulu, karena merasa dia adalah istri saya, saya pikir sudah seharusnya dia berkorban. Jika tidak ada saya yang mencari uang, apakah keluarga ini bisa hidup nyaman ? Terutama kebanggaan sebagai lelaki. Seperti saya ini, untung saja saya sekarang sudah belajar rendah hati.”

Part I

Part II

Tinggalkan Balasan

