160108 – Menghargai dan Mencintai Alam

Master bercerita tentang sebuah keluarga yang suaminya mengalami kecelakaan sampai tidak sadarkan diri, dan berkat doa keluarga yang begitu mencintainya, sang ayah akhirnya sadar kembali walaupun masih harus menjalani terapi. Sang istri yang begitu tekun penuh perhatian menjaga suaminya dan kedua anaknya yang masih kecil begitu dekat dan mencintai ayahnya. Bersama mereka menemani dan merawat suami/ayahnya melewati hari-hari perawatan ini dan bahkan juga sudah terlibat di kegaitan pelestarian lingkungan.

Cerita lain mengenai Bapak Huang yang tabah walaupun sudah 20 tahun menjalani cuci darah, sekarang ini aktif menjadi relawan serta aktif di kegiatan komunitas seperti menjaga keamanan setempat. Awalnya bergabung menjadi relawan justru karena menyaksikan relawan lain yang begitu memperhatikan komunitas setempat. Biarpun beliau mempunyai penyakit tetapi beliau bagaikan sebuah kapal. Seperti yang tertulis di salah satu ayat Sutra Amitabha, “Ibarat seseorang yang menderita sakit keras. Bila diberikan sebuah kapal, dia tetap dapat menjalankannya dan membawa manusia mencapai pencerahan.” Saat menjalani pencucian darah, Bapak Huang sering berkomunikasi dengan sesama pasien dengan memberikan semangat dan nasehat-nasehat yang membangun. “Menikmati berkah berarti menghabiskan berkah. Mengalami derita berarti menghilangkan derita. Setelah menderita, kebahagian akan datang. Harus memanfaatkan waktu dengan baik.” begitu kata Bapak Huang. Begitu juga yang sering disampaikan oleh Master, “Berhati Buddha, bertindak sesuai Dharma. Barulah dapat menginspirasi orang lain.”

Master kembali mengingatkan kondisi tahun 2007 lalu yang banyak terjadi bencana karena ketidakselarasan lingkungan dan manusia. Di awal tahun ini, Master mengingatkan kembali untuk menghargai dan mencintai bumi agar terbebas dari bencana. Kondisi alam ada kaitannya dengan kondisi batin manusia. “Setiap saat harus memiliki rasa syukur. Memiliki rasa syukur terhadap sesama. Memiliki rasa syukur terhadap langit dan bumi.”

Part I 

Part II 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: